Juni 12, 2013

2 Kelompok

Jika ada dua kelompok,

yang satu melakukan kegiatan, berkumpul, membaca doa doa terhadap Tuhannya. Tidak menjadikan kegiatan itu sebagai bentuk ibadah langsung, tetapi Dengan itu mereka bisa merasakan keberadaan Tuhan di hati mereka.

kelompok yang satu lagi, tidak melakukan. karena mereka berpendapat yang berbeda mengenai kegiatan kelompok pertama, dan menganggap kelompok pertama salah. Mereka sibuk meluruskan gerakan dalam berdoa dan dalam memuji tuhannya, sehingga tak jarang tidak bisa merasakan kehadiran Tuhan dihatinya, karena terlalu sibuk merasakan "kemenangan"dirinya atas mereka yang kelompok ini sesatkan.

Atau sebaliknya

Jika kelompok pertama melakukan kegiatan itu bukan karena merasakan adanya Tuhan, tapi sebatas karena merasa paling benar , hasil belajar pada pemuka agama tertentu.

dan kelompok kedua, ketika tidak melaksanakan itu, mereka tidak menyesatkan kelompok pertama. mereka bisa bertoleransi untuk kelompok lainnya, dan karena itu dapat merasakan adanya Tuhan.

Pertanyaanya, jika Beragama adalah merasakan adanya Tuhan -tempat bernaung, tempat memohon segala sesuatu- pada hati setiap pemeluknya, maka mana yang benar beragama? masalah ritual kah? atau masalah hati?

Begitulah, ketika Benar, jangan merasa paling benar. karena kalau saya salah, tidak juga merasa paling salah.

Salam. Rahayu! _/\_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger news